Beberapa cara sederhana untuk mengatasi rasa pegal pada leher

Leher pegal
Leher pegal

Bekerja seharian di depan komputer, tidur dengan posisi badan yang salah, Olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, tubuh kurang aktivitas sehat setelah bekerja seharian di kantor. Hal hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya rasa pegal atau tidak nyama pada leher anda. Jika kesibukan kesibukan tersebut tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin, maka risiko terjadinya sakit pada bagian leher akan sangat tinggi.

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit leher atau pegal pada leher, untuk mengatasi nya ada sejumlah cara yang biasanya dapat di lakukan sendiri untuk mengatasi rasa pegal dan sakit pada leher. Namun ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasinya dan mengatasi apabila terjadi sakit atau pegal pada bagian leher.

Pijat
Cara sederhana yang pertama adalah anda dapat memijat bagian yang terasa sakit atau pegal. Anda pun dapat memijar sendiri atau pun meminta bantuan pada teman atau kerabat untuk memijat bagian otot trapezius, yang dimulai dari otot pada bagian bawah tengkorak kepala hingga ke punggung dan bahu. Pastikan pijatan dilakukan dengan lembut. Pijatan tersebut dapat membantu otot-otot untuk menjadi lebih rileks dan tidak tegang.

Menggerakan Leher
Cara sederhana yang kedua yang dapat kita lakukan sendiri apabila leher terasa pegal adalah dengan menggerakan leher. Anda dapat memutar leher Anda searah jarum jam sebanyak 7-8 kali. Lalu ulangi dengan arah yang berlawanan dengan arah yang dilakukan sebelumnya. Ditambah dengan menarik napas pada saat memutar leher ke atas dan hembuskan ketika leher memutar ke bawah. Lakukan perlahan saja jangan cepat cepat atau kuat kuat, hal ini bertujuan agar otot leher menjadi lebih rileks dan tidak membuatnya semakin tegang.

Menggerakan Bahu
cara yang selanjutnya adalah dapat dengan melakukan peregangan pada bahu. Gerakkan bahu ke belakang dan ke depan. Kepalkan jari-jari tangan dan angkat lengan Anda ke atas. Pandangan tetap lurus ke depan dan badan tetap tegak jangan membungkuk. Tahan selama satu menit, baru turunkan lagi lengan Anda. Lalu gerakkan bahu ke belakang dan ke depan kembali, ulangi prosedur yang sama sehingga otot leher anda menjadi rileks dan tidak tegang.

Peregangan Tubuh
hal yang terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi pegal pada leher adalah dengan melakukan peregangan. Letakkan kedua tangan di belakang punggung, genggam kedua tangan Anda. Lalu angkat hingga otot-otot bagian bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik saja, rilekskan tubuh, dan ulangi lagi beberapa kali hingga tubuh merasa lebih nyaman dan rileks.

Itu lah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa pegal dan tidak nyaman pada leher. Namun perlu hati hati dalam melakukannya agar tidak terjadi kesalahan atau dapat menambah ketegangan pada urat urat leher anda. Semoga bermanfaat.

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *