Cara Mengatasi Keseleo dengan Mudah

Kaki Kesleo
Kaki Kesleo

Cara mengatasi keseleo nampaknya menjadi salah satu pengetahuan dasar yang dibutuhkan semua orang. Karena tidak ada yang pernah tahu kapan hal ini akan terjadi. Situasi keseleo ini bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Jika tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan berdampak bagi orang yang mengalami keseleo. Tentunya keseleo tidak bisa diatasi sembarangan karena bisa menyebabkan keadaan yang lebih parah. Orang yang mengatasi keseleo haruslah orang yang sudah paham dan mengerti tentang hal ini. Sehingga tidak menimbulkan efek samping. Bagi anda yang merasa penasaran, berikut ini adalah tips dan trik dalam mengatasi keseleo.

Tips untuk Mengatasi Keseleo
Keseleo atau yang juga dikenal sebagai terkilir merupakan gangguan yang terjadi pada urat. Keseleo bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, tetapi paling banyak terjadi pada kaki dan tangan. Keseleo tidak bisa dianggap remeh. Karena jika sampai terjadi pembengkakan, peredaran darah bisa terhambat. Masih banyak orang yang belum paham cara mengatasi keseleo yang benar. Padahal sebenarnya hal ini tidak terlalu kompleks. Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa untuk mengatasi keseleo, anda tidak diperbolehkan untuk memijat langsung anggota tubuh yang terkilir. Terutama jika anda tidak mengerti soal ilmu pengobatan. Lebih baik bawa ke tukang urut agar diketahui penyebabnya. Asal memijat malah bisa membuat keadaan makin buruk.

Selama ini masih ada orang yang salah bertindak ketika mengatasi keseleo. Salah satunya adalah dengan mengompres keseleo menggunakan air panas. Padahal cara ini sebenarnya salah. Cara mengatasi keseleo yang benar yaitu dengan mengompres menggunakan es. Mengompres menggunakan air panas benar-benar salah. Air panas membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga pembuluh darah sulit membeku. Akibatnya sakit yang dirasakan pun menjadi semakin sakit. Dengan menggunakan es, darah akan sedikit membeku. Kemudian darah bisa memperbaiki sendiri dengan cepat dan rasa sakit pun akan berkurang. Untuk mengurangi rasa sakit karena keseleo, sebaiknya anda mengurangi kegiatan pada bagian tubuh yang mengalami keseleo.

Membalut bagian yang keseleo dengan menggunakan kain juga bisa membantu. Tujuannya untuk mengurangi gerakan pada bagian tubuh yang terkilir. Sehingga tidak terasa sakit dan bertambah parah. Anda bisa juga menggunakan jahe untuk mengurangi rasa sakit karena keseleo. Jahe memiliki sifat yang hangat dan bisa mengurangi pembengkakan akibat keseleo. Air arang juga bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan akibat keseleo. Caranya cukup dengan menyiapkan arang batok kelapa yang masih panas. Setelah itu masukkan ke dalam satu gayung air. Kemudian air akan menjadi hangat akibat arang. Air tersebut lantas digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang mengalami keseleo. Cara mengatasi keseleo yang satu ini akan semakin efektif untuk mengempiskan bagian yang bengkak jika dilakukan rutin minimal dua kali dalam sehari.

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *