Category Archives: Info Penyakit

Penyakit Kanker Hati Serta Gejalanya

Pengobatan kanker hati

Kanker Hati Primer dan Gejala Gejalanya

Organ hati dapat mengalami kerusakan karena cacat sejak lahir, kecanduan alkohol, atau infeksi kronis seperti penyakit hepatitis B dan C.  Selain itu, penyakit keturunan dengan banyaknya kandungan zat besi dalam hati, dan sirosis hati akan mengakibatkan terjadinya kanker hati.
Kanker hati primer adalah awal mula kanker tumbuh dan sel sel kanker yang melepaskan diri, kemudian menetap dan tumbuh pada bagian lain dari tubuh.
a. Karsinoma Hepatoseluler (HCC)
Karsinoma hepatoseluler merupakan jenis kanker hati yang sangat umum terjangkit.  Kanker hati jenis karsinoma hepatoseluler disebut juga dengan tumor tunggal.  Berikut gejalanya :
Rasa nyeri, ketidaknyamanan di perut bagian atas.  Hal ini disebabkan karena pembesaran hati yang merangsang saraf pada bagian lembar otot dibawah paru-paru.  Dimana pada bagian ini terhubung dengan bahu sebelah kanan, dan terkadang bisa dirasakan rasa nyeri.
Asites, kelebihan cairan dapat terbentuk di bagian perut dan kaki, yang disebabkan karena pembengkakan yang dikenal dengan asites.
Penyakit kuning, penyakit kuning terjadi jika hati tidak bekerja dengan baik.  Hal ini bisa terjadi karena saluran empedu tersumbat oleh penyakit kanker.  Ini di sebabkan karena empedu yang di hasilkan oleh hati mengalir kembali dalam aliran darah.  Mata, kuku, dan kulit akan berubah menjadi kuning dan urine menjadi berwarna seperti teh dan tinja berwarna hitam.
b. Cholangiosarcoma
Kanker jenis ini berawal dari saluran empedu pada hati, kemudian saluran empedu tersebut membawa dari hati ke kandung empedu. Biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun, penyakit kuning yang merupakan tanda umum yang berkembang dan tumbuh pada tahap awal atau akhir.
c. Hemangiosarcoma
Jenis kanker ini tumbuh dengan sangat cepat, dan mudah sekali naik pada saat pemeriksaan.  Sebagian banyak penderita kanker hati, jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi. Dengan gejala terdapat benjolan pada kulit berwarna merah dan ungu, perut kembung, kurang stamina, warna gusi pucat.
d. Hepatoblastoma
Jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi dari kanker hati.  Biasanya, kanker ini terjadi pada anak anak di bawah umur 4 tahun. Gejalanya antara lain tekanan di perut atau di pembuluh darah meningkat, getah bening, atau pada bagian saraf, terdapat benjolan yang tidak terasa nyeri di bagian perut, pubertas dini pada anak laki-laki.
e. Angiosarcoma
Angiosarcoma adalah tumor ganas dari kanker hati, dan merupakan tingkat perkembangan terbesar dari tubuh. Angiosarcoma muncul dari sel sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah. Gejalanya antara lain, kelelahan, mual dan muntah, pembesaran perut, infeksi pada kulit, memar atau luka tidak sembuh-sembuh., benjolan dengan tekstur yang lunak, nyeri perut, pendarahan di rongga peritoneum, pendarahan di hati.

Source : bbc.com

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Bahaya Penyakit Jantung Koroner Pada Perempuan

Penyakit jantung koroner pada perempuan
Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung umumnya dianggap sebagai penyakit kaum lelaki, tetapi pada kenyataannya satu dari empat perempuan meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah jantung (kardiovaskular). Jumlah ini lebih banyak dari kematian yang disebabkan oleh semua jenis penyakit kanker yang diderita perempuan. Sehingga penyakit jantung koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab kematian utama pada kaum perempuan.

PJK pada perempuan memiliki risiko penyebab kematian yang lebih besar dibandingkan terhadap lelaki. PJK pada perempuan umumnya ditemukan pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan lelaki. Hal itu disebabkan oleh:

  1. Produksi hormon estrogen menurun yang selama ini berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan saat pasca menopause, sehingga risiko penyakit jantung pada perempuan meningkat dua kali lipat. Penurunan hormon estrogen ini juga menambah kadar lemak dalam darah sehingga menimbulkan penebalan dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan PJK.
  2. Perempuan dengan PJK biasanya mengalami komplikasi yang lebih serius karena sering ditemukan adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan ginjal.
  3. Penyumbatan pada pembuluh darah kecil atau mikrovaskular lebih banyak terjadi pada perempuan. Penyumbatan yang seperti ini lebih sulit dideteksi lebih awal dengan pemeriksaan standar yang ada pada saat ini.
  4. Kurangnya pengetahuan kaum perempuan akan bahaya penyakit jantung, umumnya membuat mereka tidak menyadari gejala penyakit tersebut, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam mendiagnosa PJK.

Indikasi awal PJK yang timbul pada perempuan berbeda dari yang timbul pada lelaki. Pada perempuan, gejala yang timbul antara lain nyeri ulu hati, nyeri pada punggung atau leher, sesak nafas, cepat capek, serta gangguan irama detak jantung sehingga lebih terlihat seperti gangguan pada rahim. Indikasi indikasi inilah yang tidak disadari oleh kebanyakan perempuan sehingga sering kali menyebabkan keterlambatan dalam mencari pertolongan pertama pada saat terjadi serangan jantung. Baca juga obat jantung koroner paling ampuh.

Beberapa poin resiko utama PJK pada kaum perempuan antara lain:

  1. Perempuan dengan diabetes mellitus atau kencing manis memiliki risiko 2 kali lipat untuk menderita PJK, dan mempunyai komplikasi yang lebih berat dibandingkan lelaki.
  2. Perempuan yang merokok mempunyai risiko PJK 6-9 kali lipat, sedangkan pada lelaki adalah 4-6 kali lipat.
  3. Perempuan yang mengalami obesitas atau kegemukan.
  4. Riwayat keluarga ada yang pernah mengalami penyakit jantung.
  5. Penurunan dan berhentinya produksi hormon estrogen, namun terapi hormon pada perempuan menopause juga menimbulkan resiko PJK.

Segera konsultasikan kesehatan jantung Anda apabila mengalami gejala PJK, serta jalani pemeriksaan lebih lanjut. Kesadaran diri sendiri untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini dapat mengurangi angka kematian PJK pada perempuan.

Semoga artikel ini dapat menolong kaum perempuan dalam mendeteksi gejala gejala penyakit jantung koroner lebih awal sehingga mendapatkan penanganan yang tepat untuk mencegah resiko yang timbul akibat penyakit jantung koroner.

sumber : wikipedia.org

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Makanan makanan yagn dapat menyebabkan Penyakit Kanker

Makanan kaleng dapat menyebabkan kanker
Makanan kaleng dapat menyebabkan kanker

Diherbal.com – Kanker meruapakan salah satu momok yang mengerikan di dunia kesehatan abad ini. Berbagai penyakit berbahaya dapat menghantui kesehatan namun saat ini kanker masih menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Ada beberapa hal yang dapat memicu berkembangnya sel kanker tersebut salah satu nya adalah makanan yang kita konsumsi. Ada banyak berbagai macam makanan di luar sana, namun tidak sedikit yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Makanan makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita ini salah satu nya dapat menyebabkan penyakit kanker

Berikut Makanan makanan yang dapat menyebabkan penyakit kanker yang perlu kita ketahui.
• Makanan kaleng
Makanan pertama yang diketahui dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker adalah makanan kaleng. Hal ini dikarenakan makanan kaleng memiliki bahan kandungan yang terdiri dari banyak bahan pengawet serta memiliki kandungan bisphenol-A (BPA). Kandungan kandungan tersebut yang terdapat pada makanan kaleng dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker seperti penyakit kanker payudara, kanker prostat dan kanker lainnya.

• Pemanis buatan
Makanan selanjutnya yang dapat menyebabkan penyakit kanker adalah pemanis buatan. Pemanis buatan ini pada umumnya digunakan untuk olahan minuman sehingga dapat menambah rasa nikmat minuman tersebut tanpa mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pemanis buatan yang telah dilakukan uji coba pada tikus, hal tersebut dapat memicu kanker, namun belum jelas apakah hal tersebut berpengaruh sama pada manusia. Meskipun demikian kita juga harus tetap berhati hati terhadap pemanis buatan tersebut.

• Daging Bakar
Makanan berikutnya yang dapat menyebabkan penyakit kanker adalah daging bakar. Namun biasanya yang dapat menyebabkan kanker adalah daging yang dipanggang di atas bara api yang memiliki dampak paling burul.Daging yang dibakar di atas bara api dengan suhu panas yang tinggi dapat memicu senyawa yang bersifat karsinogenik dan hal ini dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

• Soda
Selain makanan, terdapat juga minuman yang dapat menyebabkan kanker yaitu minuman yang mengandung soda. Minuman bersoda atau berkarbonasi dapat memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenanan soda memiliki kandungan senyawa yang dapat menghasilkan zat 4-methylimidazole, zat tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

• Daging olahan
Selain daging bakar, daging dalam olahan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Daging daging olahan tersebut antara lain daging olahan seperti nugget, sosis, kornet, kentang goreng dan lain sebagainya adalah makanan yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, dan salah satunya adalah penyakit kanker. Selain memiliki kandungan gizi yang rendah, daging olahan yang seperti disebutkan diatas mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang dapat memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Nah itu lah beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Memang kita boleh menyantab makanan tersebut, makanan makanan tersebut tidak dilarang untuk dimakan namun sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan diatas. Disarankan menyantab makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan. Semoga bermanfaat.

sumber : www.cancercenter.com

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Hipertensi Penyakit Umum Namun Berbahaya

Seperti judul yang ada diatas yang menunjukkan jika penyakit Hipertensi ini memanglah sangat umum terjadi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk orang-orang terdekat yang berada disekitar kehidupan kita sehari-hari, tak terkecuali kita sendiri. Namun jangan menganggap sepele karena erat kaitannya dengan berbagai penyebab penyakit komplikasi lainnya yang sangat berbahaya.

Jika sejak kecil  mungkin kita sering mendengar  yang namanya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi itu merupakan penyakitnya orang berkecukupan atau kaya. Pendapat ini tak seluruhnya benar dan juga tidak seluruhnya salah, mengapa bisa ada pendapat demikian ?

Mungkin jika pada zaman dahulu terlebih pada masa tahun 80an, ketika masa itu bahan makanan  dan minuman masih sangat mahal serta sulit untuk didapatkan dan juga hanya orang-orang kaya saja yang mampu untuk membeli untuk dikonsumsi.

Dan pengetahuan mengenai kesehatan belum sebaik sekarang ini sehingga orang kaya tadi dengan mengkonsumsi makanan yang enak serta kaya akan lemak dan juga malas untuk menggerakkan tubuhnya yang lama kelamaan tubuhnya mengalami gangguan kesehatan diantaranya adalah hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi seiring dengan bertambahnya waktu selama itu itu juga penderita nya yang semakin bertambah.  Penyakit Hipertensi seringkali menjadi biang keladi atas terjadinya berbagai macam penyakit berat seperti serangan stroke, penyakit jantung, diabetes melitus dan banyak lagi lainnya.

Dengan penderita tekanan darah tinggi yang grafiknya semakin meningkat ini, maka semakin banyak juga penderita penyakit lainnya. Oleh karenanya kita semua wajib waspada dengan menjalani pola hidup sehat untuk mencegah terkena penyakti hipertensi ini.

Lihat Juga : Obat Herbal Darah Tinggi Alami K-Muricata dan Amazon Berries

Bagaimana Pola Hidup Sehat Untuk Menghindari Hipertensi?

Meskipun hipertensi ada kaitannya juga dengan genetika, bukan berarti kita hanya berdiam saja menerima. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi ataupun menghindari penyakit hipertens atau tekanan darah tinggi.

pola makan sehat hindari bahaya hipertensi

  1. Atur pola makan dengan gizi yang berimbang ( antara sayuran, buah dan daging )
  2. Kurangi penggunakan garam berlebihan saat memasak
  3. Rutin melakukan aktivitas fisik ( seperti berolahraga, berjalan santai, lari marathon )
  4. Hindari stress yang berlebihan – Mengurangi penat dengan melakukan liburan di akhir pekan adalah salah satu cara untuk menghindari stress dan luapan emosi berlebihan.
  5. Latihan teknik pernafasan ( seperti taichi dan yoga )

Dengan cara-cara di atas semoga tekanan darah Anda akan selalu terkontrol dan terbebas dari yang namanya hipertensi. Dengan demikan Anda juga bisa terbebas dari bahaya komplikasi penyakit ini. Salam sehat dari redaksi…

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Tekanan_darah_tinggi

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn