Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Miom

Penyakit miom
Penyakit miom

Miom pada umumnya disebut juga sebagai tumor jinak yang tumbuh dalam alat reproduksi wanita, hal ini dikarenakan ketidakseimbangan tubuh dalam memproduksi hormon estrogen menjelang masa menopause. Hampir semua wanita terkena penyakit ini sehingga menjadi penyakit umum bagi wanita yang akan memasuki masa menopause antara umur 45-55 tahun. Miom berbeda dengan kista, kalau kista merupakan benjolan yang berisi darah, sedangkan miom adalah daging yang menebal pada dinding rahim dan dapat menyebabkan rasa sakit saat menstruasi hingga pendarahan yang parah terutama bagi wanita yang sedang hamil resiko keguguran akibat miom sangat tinggi. Untuk itu karena miom hampir diderita seluruh wanita di dunia kita perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi untuk mencegah dan mengurangi penyakit miom ini, berikut antara lain:

1. Makanan yang tinggi serat, serat berfungsi untuk menstabilkan hormon estrogen yang merupakan sumber masalah dari penyakit miom,. Konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran hijau, bijih gandum, beras merah atau juga makanan tinggi serat larut air seperti agar-agar, rumput laut, kolang kaling, cincau, dll.
2. Makanan yang mengandung fitokimia, zat fitokimia berkhasiat untuk menekan jumlah radikal bebas dalam tubuh kita. Beberapa makanan sumber fitokimia antara lain bawang putih, bawang merah, teh hijau, beras kencur, kunir asem, dan susu kedelai.
3. Makanan dari kacang kacangan, zat antioksidan dalam bentuk isofalvon banyak ditemukan dalam kacang kedelai. Karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi hasil olahan dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe.
4. Makanan tinggi vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan radikal bebas seperti buah belimbing manis, apel malang, jeruk, pepaya, jambu biji, dan tomat.
5. Air putih, 70% tubuh kita terdiri dari air tentu untuk menjaga metabolisme hormon dalam tubuh kita perlu penetralisir yang alami yaitu air putih sehingga tubuh kita tidak mengalami dehidrasi. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari,setiap saat bangun tidur minumlah minimal 2 gelas langsung dalam keadaan perut kosong untuk memulai aktivitas anda.

Baca juga : Obat herbal miom yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit miom dengan aman.

Cukup mudah bukan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan mengurangi dampak dari penyakit miom yang kita derita? Hampir semua bahan makanan tersebut dapat kita dapatkan dari pasar atau supermarket. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang yang membacanya dan dapat menolong orang orang disekitar kita.

sumber : www.uterine-fibroids.org

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *