Category Archives: Kesehatan

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan

Banyak info yang dapat kita jumpai dari manfaat Vitamin A untuk kesehatan tubuhSelain dikenal dapat menjaga kesehattan mata vitamin A juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehattan tubuh.

Vitamin A biasa dikenal dengan retinol atau asam retinoik yang termasuk nutrisi yang penting bagi kesehattan mata,perkembangan tubuh,kesehattan sistem reproduksi yang menunjang kekebalan tubuh dan pembelahhan sel. Biasa vitamin a di bedakan menjadi 2 yaitu:

1. Retinoid yang berasal dari hewani dan

2. Beta karoten berasal dari tumbuhhan

Antioksidan dimiliki oleh vitamin A, yang melindungi setiap sel terhadap efek radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung,kanker, dan penyakit lain. Mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat merekomendasikan mendapatkan antioksidan yang dapat terhindar dari radikal bebas.

Bagi orang yang memiliki penderita pola makan yang kurang baik atau tidak teratur suplemen A dapat dianjurkan untuk di konsumsi.untuk penyakit pancreas,penyakit mata, atau campak juga membutuhkan asupan vitamin A yang banyak. Diperkirakan kebutuhhan vitamin A pada manusia membutuhkan  700mcg-900mcg. 700mcg untuk wanita dewasa dan 900mcg untuk pria dewasa.

Fugsi Kesehatan Vitamin A pada Kesehatan Tubuh Manusia

Vitamin A bagian yang penting dari molkul Rhodopsin yang di aktifkan ketika cahaya bersinar pada rentina mata, sedangkan yang terjadi pada beta karotenmencegah degenerasi makula yang yang penyebab kebutaan karena usia

Dan beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin A yang di konsumsi dapat bermanfaat untuk menjaga kesehattan mata.

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh juga bergatung pada asuppan vitamin A. sistem kekebalan tubuh juga di atur pada vitamin A, sehinga vitamin A merupakan peran yang penting untuk memerang penyakit serius seperti kanker, penyakit flu dan penyakit autoimun.

Penyakit kronis juga dapat dihadang dengan beta karoten yang juga diangap antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dapat juga di simpulkan bahwa kekurangan vitamin A pada anak dapat menimbulkan resiko infeksi seperti campak dan diare

  1. Memberikan kesehattan kulit dan penggantian sel baru

Saat terjadinya luka peran vitamin A sangat berguna untuk penumbuhan kulit baru. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kulit tidak sehat. Peningkattan vitamin A juga dapat mengatasi jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh contohnya seperti mencegah keruttan pada kulit dan dapat memproduksi kolagen lebih banyak. Vitamin A juga dapat menjaga kesehattan rambut sehingga tidak mudah rontok. Baca juga berita tentang Resiko Kesehatan Tubuh Kurang Serat.

  1. Pencegahhan penyakit kanker

Dapat mengobati beberapa bentuk kangker karena dapat mengatur mengendalikan sel-sel ganas yang terdapat dalam tubuh manusia

  1. Mencegah peradangan

Vitamin A mempunyai antioksidasi yang dapat menetralisasi radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakkan jaringan dan sel. Vitamin A mampu menghindari terjadinya resiko pada makanan tertentu

Sumber-sumber makanan yang dapat kita temui yang memiliki  kandungan vitamin A, antara lain : Telur ,ikan tuna, hari sapi, bayam, wortel, kubi s,ubi, brokoli, labu, dan mangga.

Demikian dari manfaat dan kegunaan fungsi dari vitamin A untuk kesehatan tubuh manusia, semoga artikel ini dapat membantu. Terimakasih.

Source : www.webmd.com

Resiko Kesehatan Tubuh Kurang Serat

Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan salah satu kebutuhan nutrisi tubuh yang diperlukan untuk proses pencernaan di dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang satu ini maka yang pertama terasa adalah pada sistem pencernaan seperti sulit buang air besar atu sakit perut.

Resiko Kesehatan Tubuh Kurang Serat

Serat juga memiliki kemampuan dalam mengikat lemak dan mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga sangat baik untuk diet sehat dengan mengkonsumsi banyak makanan berserat. Oleh karena itu serat sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dan menyehatkan tubuh secara menyeluruh

Resiko Kesehatan yang Mengancam Jika Tubuh Kurang Serat

Sulit Buang Air Besar / Sembelit

Konstipasi atau obstruksi usus adalah kondisi buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Sembelit bisa terjadi karena kekurangan serat dapat membuat tinja menjadi keras dan kering, sehingga menjadi sulit untuk dibuang.

Mengalami Perasaan Mual

Jika kalori yang diperoleh dari makanan tinggi protein dan lemak tidak diikuti dengan asupan serat yang cukup dapat membuat Anda merasa mual.

Sakit dan Nyeri Pada Perut

Tinja yang keras dapat membuat perut jadi sakit sehingga saraf dan otot dari usus besar menjadi sangat sensitif terhadap beberapa makanan. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kram dan nyeri perut.

Perut Terasa Kembung

Perut kembung juga dapat disebabkan karena banyak gas didalamnya, dan selalu ingin buang gas secara terus menerus. Kondisi sembelit, sakit perut, dan kembung sering disebut gejala iritasi usus besar. Baca informasi tentang 8 Kebiasaan Sehat Yang Harus Anda Lakukan Di Pagi Hari.

Untuk mengatasi tubuh yang kekurangan serat sebaiknya cukupi kebutuhan cairan Anda dan segera konsumsi makanan berserat tinggi yang mudah diserap seperti buah atau sayuran, beras merah dan gandum juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti nasi untuk mencukupi kebutuhan serat harian tubuh Anda.

8 Kebiasaan Sehat Yang Harus Anda Lakukan Di Pagi Hari

Melakukan pola hidup sehat pada pagi hari dapat berdampak baik untuk tubuh dengan menyeluruh. Kebiasaan-kebiasaan sehat yang Anda terapkan di pagi hari dengan tidak langsung dapat menawarkan energi positif untuk tubuh dalam melakukan kegiatan setiap hari. sarapan pagi merupakan salah satu kebiasaan sehat yang wajib Anda lakukan.

Sedangkan jika Anda bangun tidur kesiangan merupakan kebiasaan tidak sehat yang wajib langsung Anda hilangkan.

8 Kebiasaan Sehat Di Pagi Hari

Berikut ini ada beberapa kebiasaan-kebiasaan sehat yang harus di lakukan setiap pagi, yaitu sebagai berikut :

1. Bangun Lebih Awal Dari Biasanya
Bangun tidur lebih pagi atau lebih awal dari sebagian besar orang adalah kebiasaan sehat yang harus Anda lakukan. Dengan begitu, Anda dapat mempunyai segudang waktu untuk sarapan atau berolahraga tidak harus terburu-buru.

Bila Anda bangun tidur 15 menit menjelang kegiatan seperti sekolah, kuliah ataupun kerja, jadi Anda sudah kehilangan semua keuntungan positif yang sepatutnya dapat Anda dapatkan.

2. Minum Air Putih Sebagai Pembuka di Pagi Hari
Orang dewasa biasanya tidur dalam 6 sampai 8 jam setiap malamnya. Dalam waktu tersebut, tubuh tidak memperoleh asuapan cairan. Minum air mineral wajib dijadikan salah satu kebiasaan penting yang sepatutnya Anda terapkan ketika pagi hari sesudah bangun tidur. Mengkonsumsi air mineral berkhasiat dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh.

3. Mengkonsumsi Air Lemon Hanya Dengan Tambahan Madu
Sebagian besar orang selalu mengalami rasa tidak nyaman di area peru ketika pagi hari. Untuk menanganinya, konsumsilah air lemon hangat yang ditambahkan dengan madu. Minuman ini dapat dijadikan sebagai obat sembelit serta melindungi kesehatan usus.

4. Melakukan Olahraga Ringan
Menggunakan waktu pada pagi hari untuk melakukan bersepeda, jogging atau olahraga kecil lainnya. Berolahraga pada pagi hari dapat melindungi tubuh Anda selalu sehat dan membantu menambah konsentrasi ketika beraktivitas.

5. Mandi Air Dingin di Pagi Hari
Mandi padapagi hari sesudah bangun tidur dianggap paling tepat dalam menghilangkan rasa kantuk dan menjadikan tubuh sehat. Kondisi ini dapat menjadi lebih baik bila Anda mandi menggunakan air dingin, sebab sejumlah studi mengatakan kalau mandi dengan menggunakan air dingin bisa membentuk jaringan-jaringan di dalam tubuh dan mempermudah peredaran darah.

6. Konsumsi Jus
Usahakan jika tiap memulai hari jangan mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Mengkonsumsi kedua jenis minuman itu memang dapat mendorong otak, tetapi tidak menghasilkan yang penting untuk tubuh. Maka untuk penggantinya konsumsilah jus jeruk.

7. Biasakan Sarapan Di Pagi Hari
Sarapan dapat menjadikan tubuh lebih berstamina dan mendukung menguatkan daya ingat otak. Sarapan pagi sangat dibutuhkan dalam mendorong kegiatan setiap hari.

Maka dari itu jangan melewatkan waktu sarapan pagi. Akan tetapi, Anda tetap disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat misalnya makanan yang mengandung karbohidrat komplek dan serat yang tinggi. Baca artikel terkait tentang 7 Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan.

8. Menyempatkan Waktu Untuk Berdoa
Sesudah bangun, lebih baik luangkan waktu untuk berdoa terlebih dahulu. Berdoa juga sangat banyak kegunaannya. Seseorang yang selalu berdoa, suasana hatinya akan tenang dan tercegah dari rasa cemas dan segala jenis pikiran negatif.

Demikianlah penjelasan mengenai kebiasaan sehat yang wajib dilakukan di pagi hari. Oleh karena itu cobalah dari sekarang mengubah kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

7 Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

7 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan

Blueberry merupakan salah satu jenis buah berry seperti strawberry, cranberry dan bilberry. Menurut sebuah penelitian jika seseorang melakukan diet dengan rutin mengkonsumsi blueberry dapat menurunkan kadar kolesterol darah sambil meningkatkan kontrol glukosa dan sensitivitas insulin, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

7 Manfaat Buah Blueberry

Selain itu, blueberry memiliki beberapa manfaat kesehatan tubuh yang meliputi :

  1. Sumber Antioksidan

Buah blueberry mengandung kaya akan antioksidan seperti Anthocyanin, vitamin C, B kompleks, vitamin E, vitamin A, tembaga (pembangun kekebalan tubuh yang sangat efektif dan anti-bakteri), selenium, seng, besi (mempromosikan kekebalan dengan menaikkan kadar hemoglobin dan oksigen dalam darah) bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah infeksi. Sehingga Anda akan terhindar dari pilek, demam, cacar dan semua penyakit menular seperti virus dan bakteri.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Blueberry mempunyai antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Hal ini karena adanya antosianin, pigmen yang bertanggung jawab untuk memberikan warna biru pada buah blueberry. Kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya  juga memiliki peranan penting untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh.

  1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Saluran Kemih

Beberapa bakteri tertentu seperti b-coli di lapisan dinding bagian dalam saluran kemih bertanggung jawab untuk infeksi tersebut, yang mengakibatkan peradangan, sensasi terbakar di bagian urin dan komplikasi lainnya.

Di sini, blueberry sangat menguntungkan. Sebab buah ini mengandung senyawa yang terbentuk dari polimer besar seperti molekul berat yang menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Selain itu, buah blueberry bersifat antibiotik. Molekul-molekul yang berat dan besar hampir menghilangkan bakteri di saluran sehingga mencegah infeksi.

  1. Kesehatan Otak

Kandungan antosianin, selenium, vitamin A, B-kompleks, C dan E, seng, natrium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, mangan dapat mencegah dan menyembuhkan gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi dan kematian neuron, sel otak dan juga memperbaiki kesehatan sistem saraf pusat.

Sulit untuk percaya bahwa buah ini juga dapat menyembuhkan masalah serius, khususnya penyakit Alzheimer. Kandungan tersebut juga dapat menyembuhkan sel-sel otak yang rusak dan jaringan neuron dan menjaga daya ingat Anda.

  1. Mencegah Sembelit Dan Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat di dalam Blueberry berfungsi mencegah timbulnya sembelit. Blueberry juga mengandung vitamin, natrium, tembaga, fruktosa dan asam untuk memperbaiki pencernaan menjadi sehat.

  1. Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat yang tinggi, antioksidan yang terdapat di dalam blueberry memiliki kemampuan untuk menghilangkan kolesterol jahat. Menjadikan blueberry sebagai suplemen diet yang ideal untuk menyembuhkan banyak penyakit jantung. Hal ini juga memperkuat otot-otot jantung.

  1. Manfaat Lainnya

Mereka membuat Anda segar, aktif, suasana hati yang baik, karena mereka anti depresan sangat baik. Anda juga tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dan juga tidak ada efek samping. Ingat, semakin gelap warna terhadap buahnya, maka semakin bertambah kaya akan antioksidan dan tingkat manfaatnya.

Baca juga info tentang 5 Cara Mencegah Penyakit Kanker Darah Atau Leukimia.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah blueberry untuk kesehatan tubuh, setelah mengetahui semua manfaatnya maka tidak ada salahnya Anda mulai rutin mengkonsumsi buah blueberry dan tidak berlebihan agar mendapatkan seluruh manfaatnya secara maksimal.

5 Cara Mencegah Penyakit Kanker Darah atau Leukimia

Cara Mencegah Penyakit Kanker Darah5 Cara Mencegah Penyakit Kanker Darah atau Leukimia – Penyakit kanker dapat menyerang bagian tubuh apapun pada manusia termasuk darah yang berfungsi mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Dalam kasus penyakit kanker darah atau leukimia ini yang diserang adalah sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem daya tahan tubuh manusia.

Penyakit ini merupakan kanker ganas yang berbahaya dan mematikan karena dapat membuat penderitanya kehilangan nyawa dalam waktu yang relatif cepat. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah penyakit kanker darah atau leukimia ini karena dapat menyerang siapapun mulai dari anak anak sampai orang dewasa.

Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai cara mencegah penyakit kanker darah atau leukimia dimulai dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, dan kebiasaan yang tidak kita sadari dapat beresiko menyebabkan penyakit kanker darah atau leukimia yang harus kita ubah. Mari kita simak ulasan berikut ini.

5 Cara Pencegahan Penyakit Kanker Darah Leukimia

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Anti Karsinogenik

Dengan melakukan diet dan memilih makanan yang dapat mencegah penyakit kanker darah atau leukimia merupakan cara sederhana untuk selangkah lebih jauh dari penyakit berbahaya ini. Dengan mengurangi konsumsi makanan instan, digoreng, atau dibakar dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit kanker.

  1. Berhenti Merokok dan Stop Minum Alkohol

Sudah menjadi informasi yang umum bahwa rokok merupakan sumber segala jenis penyakit karena kandungan racun yang dimilikinya. Dikarenakan racun yang terkandung di dalam rokok seperti zat tar dan nikotin akan mengalir dalam darah ketika dihisap yang akan melemahkan daya tahan tubuh si perokok. Oleh sebab itu segeralah berhenti membunuh diri Anda secara pelan pelan.

  1. Rajin Beraktivitas Fisik dan Tidak Malas Bergerak

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat gaya hidup dan pekerjaan manusia semakin tidak banyak bergerak karena semua bisa diatur melalui smartphone atau komputer. Apabila gaya hidup ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh menumpuk yang seharusnya dikeluarkan melalui keringat. Segeralah atur jadwal olahraga Anda secara rutin yang paling sederhana adalah berjalan kaki atau jogging.

  1. Lakukan Medical Check-Up Rutin dan Teratur

Sama seperti halnya ketika kita membeli mobil atau motor baru maka akan mendapatkan perawatan servis berkala, tentu tubuh kita juga perlu karena kita bukanlah mesin / robot. Oleh karena itu janganlah malas untuk memeriksakan kesehatan tubuh Anda secara rutin sehingga dapat mendeteksi dini apabila ada penyakit yang tidak diketahui selama ini.

  1. Mengkonsumsi Food Suplemen dan Obat Herbal yang Berbahan Alami

Nah untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kita tentu kita juga perlu menambahkan suplemen makanan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu dengan mengkonsumsi obat obatan jenis herbal yang terbuat dari tumbuhan alami juga dianjurkan karena dapat memperkuat anti bodi dan mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat menjadi sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga tentang Cara Sederhana Bakar Lemak Tanpa Olahraga

Itulah beberapa tips dan cara mencegah penyakit kanker darah atau leukimia yang dapat dengan mudah Anda terapkan kepada diri sendiri.