Penyakit Kanker Hati Serta Gejalanya

Pengobatan kanker hati

Kanker Hati Primer dan Gejala Gejalanya

Organ hati dapat mengalami kerusakan karena cacat sejak lahir, kecanduan alkohol, atau infeksi kronis seperti penyakit hepatitis B dan C.  Selain itu, penyakit keturunan dengan banyaknya kandungan zat besi dalam hati, dan sirosis hati akan mengakibatkan terjadinya kanker hati.
Kanker hati primer adalah awal mula kanker tumbuh dan sel sel kanker yang melepaskan diri, kemudian menetap dan tumbuh pada bagian lain dari tubuh.
a. Karsinoma Hepatoseluler (HCC)
Karsinoma hepatoseluler merupakan jenis kanker hati yang sangat umum terjangkit.  Kanker hati jenis karsinoma hepatoseluler disebut juga dengan tumor tunggal.  Berikut gejalanya :
Rasa nyeri, ketidaknyamanan di perut bagian atas.  Hal ini disebabkan karena pembesaran hati yang merangsang saraf pada bagian lembar otot dibawah paru-paru.  Dimana pada bagian ini terhubung dengan bahu sebelah kanan, dan terkadang bisa dirasakan rasa nyeri.
Asites, kelebihan cairan dapat terbentuk di bagian perut dan kaki, yang disebabkan karena pembengkakan yang dikenal dengan asites.
Penyakit kuning, penyakit kuning terjadi jika hati tidak bekerja dengan baik.  Hal ini bisa terjadi karena saluran empedu tersumbat oleh penyakit kanker.  Ini di sebabkan karena empedu yang di hasilkan oleh hati mengalir kembali dalam aliran darah.  Mata, kuku, dan kulit akan berubah menjadi kuning dan urine menjadi berwarna seperti teh dan tinja berwarna hitam.
b. Cholangiosarcoma
Kanker jenis ini berawal dari saluran empedu pada hati, kemudian saluran empedu tersebut membawa dari hati ke kandung empedu. Biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun, penyakit kuning yang merupakan tanda umum yang berkembang dan tumbuh pada tahap awal atau akhir.
c. Hemangiosarcoma
Jenis kanker ini tumbuh dengan sangat cepat, dan mudah sekali naik pada saat pemeriksaan.  Sebagian banyak penderita kanker hati, jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi. Dengan gejala terdapat benjolan pada kulit berwarna merah dan ungu, perut kembung, kurang stamina, warna gusi pucat.
d. Hepatoblastoma
Jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi dari kanker hati.  Biasanya, kanker ini terjadi pada anak anak di bawah umur 4 tahun. Gejalanya antara lain tekanan di perut atau di pembuluh darah meningkat, getah bening, atau pada bagian saraf, terdapat benjolan yang tidak terasa nyeri di bagian perut, pubertas dini pada anak laki-laki.
e. Angiosarcoma
Angiosarcoma adalah tumor ganas dari kanker hati, dan merupakan tingkat perkembangan terbesar dari tubuh. Angiosarcoma muncul dari sel sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah. Gejalanya antara lain, kelelahan, mual dan muntah, pembesaran perut, infeksi pada kulit, memar atau luka tidak sembuh-sembuh., benjolan dengan tekstur yang lunak, nyeri perut, pendarahan di rongga peritoneum, pendarahan di hati.

Source : bbc.com

Please Share This...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *